Utak - Atik Registry


sebelum mengutak-atik registry, sebaiknya melakukan backup data terlebih dahulu, yaitu dengan cara:


Klik tombol Start > Run atau tekan tombol Windows+R pada keyboard.

Ketik regedit dan tekan Enter setelah berada didalam jendela Run.

Didalam Registry Editor, pilih menu File > Export.

Setelah Export Registry File muncul, masukkan nama file ke bagian File Name, misalnya backup-registry dan sebagainya.

Tekan tombol Save.



Sebenarnya backup data ini tidak wajib dilakukan. Tetapi demi keamanan sistem akibat kesalahan ataus semacamnya, maka back up data ini dapat mengurangi dampak tersebut. Dan misalnya sistem di XP kita tidak normal akibat kesalahan yang kita buat di registry, maka kita tinggal menuju Explorer, kemudian bukalah file backup dari regedit yang tadi kita simpan, dan doble klik file tersebut atau klik kanan, kemudian klik perintah paling atas atau “Merge”, maka sistem di XP kita akan kembali normal lagi seperti semula atau sebelum diedit registrynya.



Baiklah, mari kita mulai untuk mengtak-atik registry Windows XP kita :D

Pertama kita buka registrynya dengan cara klik start>run, kemudian tulis regedit, lalu tekan enter.

Restart Cengan Cepat

HKEY_LOCAL_MACHINE/Software/Microsoft/WindowsNT/CurrentVersion/Winlogon Tambahkan string value melalui edit>new>string value, lalu beri nama EnableQuickReboot dan beri nilai 1 pada value datanya.



Membersihkan Sampah Uninstall

HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Uninstall Hapus subkey yang memiliki nama yang sama dengan software yang telah di-uninstall.
Unload .dll



Mempercepat Akses Memori

 HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Curr entVersion\Explorer Pilih menu Edit > New > Key dan beri nama AlwaysUnloadDLL. Pada option Default Value masukkan angka 1.


Mengoptimalkan Hard Disk Disaat Komputer Dalam Keadaan Idle

 HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\Curr entVersion\OptimalLayout Buatlah sebuah DWORD Value Baru dan beri nama EnableAutoLayout. Klik ganda EnableAutoLayout dan masukkan angka 1 pada Value Data.


Mengaktifkan Shutdown Event

  Tracker:HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Reliability Buat sebuah DWORD Value baru jika belum ada, dan beri nama ShutdownReasonUI. Klik ganda ShutdownReasonUI dan masukkan angka 1 pada Value Data.


Mengubah Prioritas Printer Spooiler

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Print Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama SpoolerPriority. Klik ganda SpoolerPriority dan masukkan beberapa input yang diinginkan sebagai berikut pada Value Data: 0 = Normal Priority 1 = High Priority 0xFFFFFFFF = Idle Priority



Mempercepat Proses Shutdown Windows XP

 HKEY_LOCAL_MACHINE/SYSTEM/CurrentControlSet/Control Klik ganda WaitToKillServiceTimeout dan ubah nilainya menjadi lebih rendah dari 2000



Menghapus Pagefile Saat Shut Down

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SessionManager\MemoryManagement Klik ganda ClearPageFileAtShutdown dan masukkan angka 1 pada Value Data.



Mengaktifkan Fast User Switching

 HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon Buat sebuah DWORD Value dan beri nama AllowMultipleTSSessions. Klik ganda AllowMultipleTSSessions dan masukkan angka 1 pada Value Data.



Mengakhiri layanan & program lebih cepat

 HKEY_LOCAL_MACHINE System ControlSet001 Control, cari entry : WaitToKillServiceTimeout, Kurangi nilainya menjadi : 5000 (atau lebih kecil lagi)Untuk programnya : HKEY_CURRENT_USER ControlPanel Desktop, cari entry : WaitToKillAppTimeout, kurangi lagi menjadi: 5000 Masih tetap di tempat yang sama, klik ganda : AutoEndTask & ubah menjd : 1



Mempercepat Akses Pada File .AVI

 HKEY_CLASSES_ROOT\CLSID\{87D62D94-71B3-4b9a-9489-5FE6850DC73E} Ubah nama key {87D62D94-71B3-4b9a-9489-5FE6850DC73E} dan letakkan tanda minus ( - ) didepannya. contoh: -{87D62D94-71B3-4b9a-9489-5FE6850DC73E}



Membuat Desktop Lebih Stabil

HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Explorer Buat sebuah DWORD (melalui edit, new, dword) Value baru dan beri nama DesktopProcess. Klik ganda DesktopProcess dan masukkan angka 1 pada Value Data.



Membersihkan Recent Documents

HKEY_CURRENT_USER/Software/Microsoft/Windows/CurrentVersion/Policies/Explorer Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoRecentDocsHistory. Klik ganda pada NoRecentDocsHistory dan masukkan angka 1 pada bagian Value Data.




Membersihkan Sampah Registry

HKEY_CLASSES_ROOT/Application HKEY_CURRENT_USER/Software HKEY_LOCAL_MACHINE/SOFTWARE Pilih salah satu subkey yang merupakan nama software yang ingin dihapus, kemudian delete.




Mematikan Secara Otomatis Program Not Responding

HKEY_USERS/.DEFAULT/Control Panel/Desktop Klik ganda AutoEndTasks dan masukkan angka 1 pada Value Data.




Menentukan Waktu Respon Untuk Aplikasi Yang Not Responding

 HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop Buat sebuah String Value baru jika belum ada dan beri nama HungAppTimeout. Klik ganda HungAppTimeout dan masukkan input waktu dalam milliseconds (1000 = 1 seconds).




Otomatis Mematikan Aplikasi Yang Not Responding

HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop HKEY_USERS\.DEFAULT\Control Panel\Desktop Klik ganda AutoEndTasks dan masukkan angka 1 pada Value Data.



Mengosongkan Temporary Internet Files Pada Saat Exit

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Internet Settings\Cache HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Internet Settings\Cache Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama Persistent. Klik ganda Persistent dan masukkan angka 0 pada Value Data.




Menonaktifkan Fungsi User Tracking

 HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer Buat sebuah DWORD Value baru dan beri nama NoInstrumentation. Klik ganda NoInstrumentation dan masukkan angka 1 pada Value Data.



Catatan:

Tentu saja kecepatan dan optimalnya kerja komputer (khususnya Sistem Operasi Windows XP) bukan hanya karena pada telah kita utak-atik registrynya saja, maka komputer kita dapat bekerja dengan sangat cepat. Ini hanya salah satu cara saja, selebihnya, tetap jika kita ingin dapat yang lebih cepat, maka perangkat kerasnya pun (hardware) seperti RAM, VGA, dan semacamnya harus ditambah (kualitasnya) agar komputer kita dapat "lari“ secepat dan seoptimal mungkin.

Selain itu, software seperti Tune Up Utilies, Ccleaner, Iobit, dan software semacamnya pun sangat berguna, baik dalam membersihkan data-data sisa yang terdapat di komputer juga yang ada di registry.

Jangan lupa pula mendefrag komputer sekurang-kurangnya sebulan sekali. Semoga bermanfaat.

lintasberita

1 komentar

April 22, 2011 at 12:57 AM

seep,, ntar lagi saya praktek mas

Terimakasih idris atas Komentarnya di Utak - Atik Registry

Post a Comment

Apabila Teman mempunyai kritik atau saran tentang blog ini, tulis aja pada shoutbox atau jika ingin langgeng tulis di kotak komentar.
Jika ada sobat yang sudah pasang link blog ini dan belum saya linkback, tolong di kasih tahu pada shoutbox atau langsung tulis di kotak komentar di bawah ini.
Terima kasih

Newer Post ↓ Comment ↑